Beranda > Uncategorized > Bagaimana Menyajikan Materi dengan Menarik

Bagaimana Menyajikan Materi dengan Menarik

Beberapa dari teman kuliah mempunyai profesi sebagai pengajar dan sebagian juga sering mendapat tugas sebagai pengajar. Menyajikan meteri bukan hal yang mudah, hal ini membutuhkan latihan dan pengalaman. Bila kita tidak mampu menyajikan materi dengan menarik maka tujuan kita untuk mentransfer knowledge yang kita miliki tidak tercapai dengan maksimal. Apalagi bila kita dibayar mahal untuk mempresentasikan materi tersebut, tentu hal ini akan menjadi beban mental bagi orang yang masih memiliki morale ( saya ketik dalam huruf miring karena kata tersebut merupakan kata serapan, bukan asli dari bahasa endonesia ). Posting ini terilhami oleh posting bapak Budi Rahardjo yang mengeluhkan sebagian mahasiswanya yang ditemukan dengan tidak sengaja sibuk dengan handphone dan memberi komentar pada posting temannya di facebook.

Beberapa poin ini saya capture dari kuliah umum yang disampaikan oleh Bapak Cahyana Ahmadjayadi. Saya berharap masukan dari teman-teman yang punya pengalaman dan berhasil menyajikan materi dengan menarik. Kemungkinan posting ini akan saya update terus karena menurut saya bayak tips dan trik menarik yang belum dimuat dalam posting ini.

MATERI

Untuk menyajikan materi yang menarik tentu kita harus memiliki bahan yang menarik. Nah, apa saja yang menarik dapat dikatagorikan menjadi beberapa poin penting:

  1. Baru, hal baru yang kira-kira belum diketahui oleh peserta.
  2. Umum, hal yang ada dilingkungan kita namun hal ini dihubungkan dengan materi yang kita berikan. Informasi ini dapat kita ambil dari koran, berita televise ( bagi yang punya televisi dan televisi tersebut bekerja dengan baik, tidak hanya menampilkan gambar hitam saja seperti televisi yang ada di kost saya L )
  3. Hasil penelitian yang menarik, topiknya bisa merupakan hal yang umum namun intinya adalah dikaji secara mendalam.
  4. Joke, diselingi dengan guyonan lucu yang mengundang tawa dari peserta dan bukan hanya tawa dari nara sumber saja.
  5. Mengajak peserta bersama-sama untuk mengerjakan sesuatu, misalnya: merasakan denyut nadi untuk merenungkan bahwa kita masih hidup dan masih mampu berusaha atau meminta peserta untuk mengangkat tangan bagi yang berasal dari institusi tertentu.

SLIDE PRESENTASI

Slide presentasi seringkali disalahgunakan.

  1. Slide presentasi membantu kita untuk menyajikan materi dan slide presentasi bukan materi yang kita berikan. Kita tidak perlu menuliskan semua yang kita berikan dalam slide. Teknik ini akan membosankan bagi peserta dengan intelegensi tinggi yang mampu memahami isi materi dari slide dengan cepat sehingga tidak membutuhkan kita untuk memahami materi. Bahkan kita dapat dianggap berisik dan mengganggu beliau yang sedang membaca materi yang ada di slide.
  2. Visualisasi. Peserta akan lebih mudah menangkap materi yang kita sajikan dibantu dengan visualisasi pada slide. Jadi slide sebaiknya tidak berisi tulisan yang ruwet, mbulet, dan penuh kesalahan pengetikan ( bukan penulisan kerena rata-rata saat ini slide dibuat dengan mengetik bukan menulis ).
About these ads
Kategori:Uncategorized
  1. Maret 23, 2010 pukul 12:05

    lumayan, persiapan PPAKP tahun ini, klo ada. hihihi…

  2. cakyus
    Maret 24, 2010 pukul 15:39

    thank you atas comment nya .. klo udah PPAKP lagi mohon masukannya

  3. ilyas
    Januari 14, 2011 pukul 21:59

    thanks for your sharing, semoga ilmunya lebih barokah, amien. btw aku minta ijin topik ini aku ‘adopt’ untuk presentasi saya di Leds english community.

    • cakyus
      Januari 16, 2011 pukul 16:48

      silahkan ..

  4. Agustus 30, 2014 pukul 16:42

    Do you have any video of that? I’d want to find out some
    additional information.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: