Beranda > Business Leadership > Who Is Your Boss?

Who Is Your Boss?

Dalam kuliah Business Leadership sempat terlempar pertanyaan ini. Menurut pengajar, orang yang dipandang sebagai atasan adalah orang yang dapat mempengaruhi karir Anda. Tentu saja kita harus memperhatikan tugas, saran, dan kritik yang atasan berikan. Namun sebagian dari perkerja adalah orang yang tidak memikirkan perihal karir. Salah satu yang menyebabkan permasalahan ini adalah perubahan budaya organisasi yang tidak dapat berjalan dalam waktu singkat. Tidak dapat dipungkiri bahwa sistem senioritas dan kepatuhan mutlak pada pimpinan (dengan semua aspek positif dan negatif) masih cukup kuat. Sebagian PNS yang saya temui akan menjawab “yang penting kerjaan selesai”, “yang penting aman”, atau lainnya.

Namun yang saya tangkap bukanlah arti literal dari “karir”, melainkan “kemudahan dalam penyelesaian pekerjaan”. Jadi, pertanyaan sesungguhnya adalah “siapa saja dalam organisasi yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda”. Tentu saja, agar Anda mendapatkan bantuan dengan mudah, alangkah lebih baik bila Anda terlebih dulu memberikan sesuatu kepada orang yang sekiranya akan dapat membantu Anda.

Yang ingin saya tekankan di sini adalah sesuatu yang Anda berikan tidak harus berupa uang, hadiah, atau menyelesaikan perkerjaan mereka. Senyuman, sopan, dan ramah tamah adalah sesuatu yang dapat menjadi unsur pembeda. Yang sangat signifikan adalah perhatian terhadap permasalah yang mereka hadapi terutama yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Dan yang tidak kalah penting adalah jangan pernah menjanjikan sesuatu yang tidak 100% akan dapat Anda berikan. Anda dapat lupa atas permasalahan yang mereka sampaikan, tapi mereka tidak.

Dua hal yang dapat menjadi multiplier dari bantuan Anda adalah tindakan terhadap permasalahan yang mereka hadapi dan memberikan informasi perihal perkembangan penyelesaian permasalahan mereka. Tindakan terhadap permasalah yang mereka hadapi tidak berarti menyelesaikan permasalahan secara tuntas namun juga memberi informasi perihal pihak yang seharusnya mereka hubungi atau mencatat permasalahan mereka.

Semoga bermanfaat.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: