Beranda > Tata Kelola Teknologi Informasi > Panduan Umum Tata Kelola Teknologi Informasi Nasional

Panduan Umum Tata Kelola Teknologi Informasi Nasional

Sebuah interprestasi terhadap Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi Nomor 41/PER/MEN.KOMINFO/11/2007 tentang Panduan Umum Tata Kelola Teknologi Informasi Nasional

Referensi

COBIT, ITIL, ISO 27000, etc.

Prinsip

  1. Perencanaan yang sinergis dan konvergen, yaitu: setiap tindakan yang dilakukan harus berdasarkan perencanaan sebelumnya, dan memastikan perencanaan di semua level pemerintahan sinergis, dan konvergen dengan rencana nasional.
  2. Penetapan kepemimpinan dan tanggung jawab yang jelas di semua level institusi.
  3. Pengembangan dan akuisisi teknologi informasi secara valid.
  4. Memastikan operasi TIK

Role

Dalam penyelenggaran TIK, diperlukan beberapa role (peranan/fungsi). Role tersebut terdiri atas: Dewan TIK Nasional, CIO Nasional, Eksekutif Institusi, CIO Institusi, Komite TIK Institusi, Satuan Kerja Pengelola TIK Institusi, dan Satuan Kerja Pemilik Proses Bisnis Institusi.

Proses

Proses tata kelola memerlukan dua mekanisme, yaitu: Kebijakan Umum dan Monitoring-dan-Evaluasi. Sedangkan proses tata kelola terdiri atas 5 proses, yaitu: Perencanaan Sistem, Manajemen Belanja/Investasi, Realisasi Sistem, Pengoperasian Sistem, dan Pemeliharaan Sistem.

Questions

  1. Apakah role tersebut harus diterjemahkan menjadi suatu unit organisasi?
  2. Apakah Satuan Kerja Pemilik Proses BIsnis Instansi dapat diterjemahkan menjadi unit organisasi yang menjalankan proses bisnis, atau harus ada unit organisasi tertentu yang khusus menangani proses bisnis?
  3. Apakah ada standar pengukuran tata kelola teknologi informasi dan apakah ada rencana untuk melakukan sertifikasi terhadap implementasi tata kelola teknologi informasi?
  4. Apakah konsep yang dianut dalam kepmen dari sisi kebijakan bersifat sentralis sedangkan dari sisi implementasi bersifat desentralis?
  5. Apakah perbedaan yang jelas antara CIO Institusi dan Komite TIK Institusi mengingat keduanya berkaitan dengan perencanaan dan evaluasi TIK namun keduanya tidak ikut dalam akuisisi dan pengembangan TIK?
  1. tkurnia
    Juli 14, 2011 pukul 22:15

    dimana bisa saya dapatkan bukunya?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: