Beranda > Uncategorized > DOC, DOCX, ODT dan Vendor Lock-In

DOC, DOCX, ODT dan Vendor Lock-In

Ada seorang teman yang mengembalikan dokumen yang saya kirim dengan alasan format dokumen yang saya kirim tidak didukung oleh software yang dimiliki dan format tersebut tidak umum, dia meminta saya untuk mengirimkan dokumen dengan format DOC. Waktu itu saya mengirimkan dengan beberapa format yaitu DOCX, PDF dan ODT. Ya, untuk tidak memperpanjang masalah, langsung saya kirimkan dengan format DOC.

Saya heran, mengapa lebih suka dengan format DOC?. Memang format ini menjadi standar format yang digunakan Microsoft Word dari versi 95 sampai dengan 2003 namun format ini tidak bersifat open dan transparan. Berlainan dengan ODT dan DOCX, kedua spesifikasi format dokumen ini dipublikasikan secara terbuka, lihat Open Document dan Office Open XML. Hal ini untuk menjaga jangan sampai terjadi Vendor Locked-In. Vendor Locked-In merupakan strategi bisnis dari vendor yang tidak mempublikasi suatu format atau source code dengan harapan bahwa pengembangan dari suatu perangkat lunak selanjutnya harus menyertakan vendor tersebut.

Kategori:Uncategorized
  1. cakyus
    Maret 9, 2010 pukul 01:14

    test ..

  2. Maret 12, 2010 pukul 17:30

    wkwkwk… admin comment sndiri

    • cakyus
      Maret 15, 2010 pukul 18:46

      makasih comment nya🙂

  3. Reeka
    Maret 17, 2010 pukul 06:26

    kalo menurut saya, g ada salahnya juga ya mas, selama standar mereka tidak melanggar paten standar yang lain. toh, ini merupakan salah satu sumber pendapatan perusahaan mereka, jadi tentu saja merekan berusaha semaksimal mungkin mempertahankan porsi pasar mereka. yang patut kita perhatikan adalah jangan samapi kita malah membentuk sebuah opini bahwa “format DOC” ini adalah bentuk monopoli baru-semata-mata karena merekan berusaha mempertahankan posisi pasar software mereka. butuh edukasi yang lebih elegan untuk memasyarakatkan sesuatu yang baru. terima kasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: