Beranda > Uncategorized > Mewujudkan SDM CIO yang Kreatif dan Inovatif

Mewujudkan SDM CIO yang Kreatif dan Inovatif

Kuliah umum dengan topik “Mewujudkan SDM CIO yang Kreatif dan Inovatif” diselenggarakan pada hari Senin tanggal 22 Maret 2010 pukul 11.00 sampai dengan selesai. Bertempat di gedung GKU Barat Lantai 2 ruang 9126, Institut Teknologi Bandung. Kuliah umum ini menghadirkan Bapak Cahyana Ahmadjayadi sebagai narasumber yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Litbang SDM, Kementrian Komunikasi dan Informasi. Bapak Cahyana Ahmadjayadi memiliki website yang terlihat aktif dan banyak artikel menarik yang beliau posting di website tersebut.

Dikemukakan dalam kuliah tersebut bahwa program CIO dapat diikuti oleh berbagai pihak dari latar belakang apapun karena ilmu yang dipelajari bersifat umum atau generik dan perkembangan ilmu teknologi informasi sangat cepat sehingga harus selalu diikuti terus perkembangannya.

Dalam presentasi tersebut diungkap pula perihal Web 2.0. Web 2.0 memiliki sifat interaktif, artinya value-nya dilihat dari jumlah interaksi yang terjadi antara penyedia layanan dengan customer maupun antar customer. Sebagai contoh aplikasi facebook yang tidak memerlukan banyak advertizing karena yang melakukan kegiatan tersebut adalah para customer dari aplikasi tersebut.

Web 2.0 memilki tiga ciri utama, antara lain: software as a service, community mechanism, dan user interface yang simple and easy to use. Terdapat beberapa macam community of practice, antara lain: problem solving community, knowledge sharing community, best-practice community, dan inovation community.

The world is the class room, Bapak Cahyana Ahmadjayadi berpesan kepada peserta kuliah agar tidak hanya mengandalkan apa yang diajarkan dalam kuliah namun menjadikan dunia ini sebagai tempat belajar. Belajar dari alam akan membantu penyerapan ilmu yang kita dapatkan. Sekolah alam merupakan salah satu implementasi dari konsep ini.

CIO berfungsi sebagai The Agent of Change, agen perubahan, karena dalam Knowledge Era ini perubahan adalah mutlak. Saya jadi teringat kuliah knowledge management yang mengungkapkan bahwa Bill Gates sangat mendorong pegawainya untuk menemukan inovasi baru karena bila tidak ada inovasi maka perusahaan yang dipimpinnya dikhawatirkan akan ketinggalan denga perusahaan lain yang terus melalukan inovasi.

Innovation is creativity which useful, jadi CIO tidak hanya mampu menciptakan ide kreatif namun ide tersebut dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.

Dalam kuliah tersebut diungkap pula bahwa Kementrian Komunikasi dan Informasi dibentuk karena ada keperluan pemerintah untuk pengembangan teknologi informasi di institusi pemerintah secara menyeluruh. Bila hal ini sudah tidak diperlukan maka akan dibubarkan seperti halnya di Korea yang hanya memiliki komisi kominfo (entah di sana namanya apa). Komisi tersebut berfungsi sebagai pemilih atau penetap satu alternatif kebijakan yang diambil pemerintah, jadi masing-masing institusi pemerintah telah mempuyai awareness dan telah mampu menyusun strategi teknologi informasi.

Paragraf terakhir ini menjelaskan beberapa hal yang saya sendiri tidak cukup mengerti karena dijelaskan sepintas saja berhubung keterbatasan waktu dan konsumsi. Dalam kuliah tersebut dijelaskan pula perihal peranan CIO yang meliputi: Anticipate,
Lead, Strategic, Organize, Deliver, dan Measure & Improve. Sedangkan tanggung jawab CIO adalah IT Value, IT Operation, Change Management, IT Investment. CIO juga bertugas untuk Integration of Information, Innovation, Intelligence and Investment. Kompetensi CIO terdiri atas kecerdasan bisnis, skill di bidang teknis, manajemen pengetahuan, dan kepemimpinan. Namun saya rasa hal tersebut diatas telah tercangkup dalam Pedoman Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (Permen Kominfo No 41 Tahun 2007).

Catatan: penulis tidak mengambil jurusan CIO. Tujuan menghadiri kuliah ini adalah mendapatkan ilmu, meramaikan kuliah, mendapatkan konsumsi gratis dan sebagai tugas yang diberikan oleh bapak dosen.

Kategori:Uncategorized
  1. Maret 23, 2010 pukul 11:53

    The world is the class room, aq inget baik2 yg ini!

  2. cakmarkesot
    Juni 16, 2010 pukul 11:33

    Good good…tujuan pertama nyari konsumsi gratis bonusnya dapat ilmu hahaha…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: