Beranda > Uncategorized > PostgreSQL Portable

PostgreSQL Portable

Kali ini saya ber-experiment dengan PostgreSQL, saya berharap untuk dapat mengembangkan sebuah database portable yang mudah di-setup tanpa konfigurasi yang kompleks. PostgreSQL dipilih karena lisensi PostgreSQL dan berbagai issue yang dimiliki MySQL berkenaan dengan lisensinya dan masa depan MySQL berhubungan dengan perusahaan yang berada dibelakangnya. Versi PostgreSQL yang dibahas di sini adalah versi zip dan bukan versi installer. Tambahan dari folder hasil extract dari distribusi versi zip adalah pg-install.bat untuk mempermudah proses install dan pg-uninstall.bat untuk mempermudah proses uninstall. Keduanya saya dapat dari kawan Umar Jati dan dimodifikasi supaya menjadi lebih portable. Susunan folder PostgreSQL adalah sebagaimana gambar berikut :

Hasil perbandingan memory yang digunakan menunjukkan MySQL menggunakan 4.1MB, ini menggunakan konfigurasi my-small.ini. Sedangkan PostgreSQL total memory yang digunakan 20,84 MB, dengan konfigurasi default. Kedua hasil tersebut didapatkan pada kondisi database dalam kondisi idle. Hmm .. tentunya untuk skala perusahaan kecil / menengah / besar hal ini tidak menjadi hal yang signifikan. Hanya saja karena saya berencana untuk menggunakan di netbook dalam tahap pengembangan aplikasi, tentu hal ini layak dipertimbangkan. Screenshot perbandingan memory antara MySQL dan PostgreSQL :

UPDATE:

  • File Batch telah di tes di Windows XP namun belum dapat berjalan di Windows 7, untuk Operating System lainnya masih perlu dilakukan tes lagi.
Kategori:Uncategorized
  1. Maret 19, 2011 pukul 07:37

    harusnya di Win7 gak masalah cak, coba jalankan file bat dengan cara ‘Klik Kanan’ dan pilih ‘Run As Administrator’

    • cakyus
      Maret 19, 2011 pukul 11:33

      udah di test kemaren pake win7. ‘Run As Administrator’ juga. error nya ‘Path not found’. mungkin pengaruh slash/backslash nya .. di winxp nggak masalah. udah pernah test di win7 ?

  2. uj
    Juli 19, 2011 pukul 10:29

    tambahan bos…pas ane coba nyalaain service…pas kuliah di control panel> administrative tool> service…muncul service nya cuman satu…tapi anehnya pas kuliat di task manager…jumlah service postgres koq malah jadi banyak yah…bisa muncul 7,8 service postrgesql…kenapa ya bos?

    • cakyus
      Juli 20, 2011 pukul 10:01

      yang di administrative tool memang cuma satu, nanti dari satu (program) itu menjalankan beberapa program sesuai dengan konfigurasi. ini mempermudah manajemen service di administrative tool, kalo mau stop, start, re-start, ato hapus cukup satu aja ..

  3. Agustus 18, 2011 pukul 13:48

    postgre.. hmm..

    • cakyus
      Agustus 19, 2011 pukul 09:31

      setelah dievaluasi ternyata postgresql membutuhkan resource yang relatif lebih banyak. nie lagi nyoba firebird .. he .. he ..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: